Konsep Tazkiyyah An-Nafs dalam Kitab Tafsir Sufi RUH Al-Bayan dan Kontribusinya terhadap Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Moral and moral education is currently experiencing a serious setback. mistakes, misfortunes, moral failures, and the lack of moral teaching based on tazkiyyah an-nafs in schools and universities, especially many students who are involved in drug abuse and promiscuity, are unacceptable. The author will research the concept of tazkiyyah an-nafs. Ismail Haqqi, a scholar of Sufi interpretation of rūh al bayān, has a solution to solve the current problems related to the degradation of students' morals through the tazkiyyah an-nafs concept approach. A qualitative approach and exegetical methods were used in this research with the Al-Qur'an and Tafsir ruh al bayan as primary data. Literature study and documentation study are data collection techniques. Data analysis involves data reduction, text presentation through narrative text and verification. The results of the research show that the concept of tazkiyyah an-nafs according to the Sufi interpretation of rūh al-bayān can contribute to the development of PAI learning models.
ABSTRAK
Pendidikan moral dan akhlak saat ini semakin mengalami kemunduran yang dahsyat. kesalahan, kemalangan, kegagalan moral, dan kurangnya pengajaran akhlak berbasis tazkiyyah an-nafs di sekolah maupun kalangan perguruan tinggi, terkhusus banyak peserta didik yang terlibat dalam penyalah gunaan narkoba dan pergaulan bebas, merupakan hal yang tidak dapat diterima. Penulis akan meneliti tentang konsep tazkiyyah an-nafs Ismail Haqqi seorang ulama tafsir sufi rūh al bayān memiliki solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi saat ini berkaitan tentang degradasinya akhlak peserta didik malalui pendekatan konsep tazkiyyah an-nafs. Pendekatan kualitatif dan metode tafsir digunaan dalam penelitian ini dengan Al-Qur’an dan Tafsir ruh al bayan sebagi data primer. Studi kepustakaan dan studi dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data. Analisis data melibatkan reduksi data, penyajian teks melalui teks naratif dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep tazkiyyah an-nafs menurut tafsir sufi rūh al-bayān dapat berkontribusinya terhadap pengembangan model pembelajaran PAI.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Al-Jazairi, A. J. (1998). Minhajul Muslim (6th ed.). Maktabah al-Ulum wa al-Hikam. Al-Kutsari, M. Z. (2008). Maqaalaat Al-Kautsari (1st ed.). Maktabah At-Taufiqiyyah.
Al-Nahlawi, A. (2010). Ushulu al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Ashalibuha (1st ed., p. 240). Darul Fikr al-Muashirah.
Al Manaanu, Y., Halim, F., Fadillah, N. H., & Jiatrahman, F. (2021). Pendidikan Jiwa Prespektif Ibn Qayyim Al Jauziyyah: Kritik Terhadap Pendidikan Jiwa di Barat. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(1), 165–182. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i1.8283.
Amelia, & Siti Maryam Ulfa. (2024). Pembelajaran Tahfidz Alqur’an Dalam Penanaman Karakter Islami. Cemara Education and Science, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.62145/ces.v2i1.67
Ansori, M. R., & Abdurrahmansyah, A. (2023). Kontribusi Pemikiran Sufistik Syekh Abu Hasan Asy Syadzily Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1620–1631.
Arroisi, J., Mukharom, R. A., & Amin, M. ‘Izzatul. (2021). Sufistic Phsycoteraphy; Telaah Metode xx Psikoterapi Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), 253–278. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i2.9884
Azizah, M., & Fauzi, F. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pembaruan Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Azyumardi Azra). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 759. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2559
Hapsari, L. S., & Rahman, I. K. (2022). Implementation of Tazkiyah Al-Nafs Based Islamic Education for Elderly to Achieve Nafs Al-Muthmainnah. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 189–201. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i2.588
Ibrahim, M. (2020). Rekontruksi Tazkiyah al-Nafs Menurut Abu Hasan al-Nadwi. At-Tafkir, 13(1), 50–79. https://doi.org/10.32505/at.v13i1.1570
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of Traching (edisi kedelapan) model-model pengajaran (8th ed., p. 637). Pusaka Pelajar.
Miskahuddin, M. (2020). Konsep Sabar dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 17(2), 196. https://doi.org/10.22373/jim.v17i2.9182
Mukit, A., Budianto, A. A., Sumo, M., & Nasrullah, N. (2023). Konsep Pendidikan Tazkiyatun Nafs Studi Analisis Penguatan Peran Perguruan Tinggi Islam di Era Disrupsi. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 16(02), 102–117. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6211
Mukti, A., Nahar, S., & Baihaqi, M. (2022). Model Penanaman Akhlak Santri Melalui Panca Jiwa Di Pondok Pesantren Modern Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, XI(1), 1183–1202. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2980
Muttaqin, M. Z., & Ali, P. Y. (2015). M Zaenal Mutrtaqin_Corak Tafsir Sufistik (1).
Octaviana, D. R., Fadlilah, K., Ramadhani, R. A., & Ponorogo, I. (2023). E-ISSN : 2986-3945 xxiii Peningkatan Kesadaran Beribadah Peserta Didik melalui Pembelajaran Ibadah Amaliyah dan Ibadah Qauliyah di Lembaga Bimbingan Masuk Gontor IKPM Magetan kecil . Karena ketika anak kecil melaksanakan satu ibadah , secara tidak disadari ,
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274
Sami, A., & Nafik HR, M. (2015). Dampak Shadaqah Pada Keberlangsungan Usaha (Studi Kasus: Testimoni 4 Pengusaha Muslim di Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(3), 205. https://doi.org/10.20473/vol1iss20143 pp 205-220.
Solihin, A. T., Abdussalam, A., & Surahman, C. (2020). Takabur Dalam Alqur’an Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pai Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 2020.
Syahidin. (2019). Aplikasi Metode Pendidikan Qurani dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah (2nd ed.). UPI PRESS.
Syahidin. (2020). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM (A. M. Nasih (ed.); 1st ed., p. 240). UPI PRESS.