Dampak Penggunaan Media Sosial pada Karakter Remaja:Peran GuruPendidikan Agama Islam

Main Article Content

Puput Rahmania
hayatunnisa
feryal zeinia
muhammad ilham

Abstract

Nowadays, teenagers' lives cannot be separated from social media. Social 
media content is present, providing positive and negative impacts on the 
character of teenagers. This research aims to determine the positive and 
negative impacts of using social media on teenagers and the role of 
Islamic Religious Education teachers in overcoming the negative impacts 
they cause. The systematic literature review method was used in this 
research. The research results show that social media is one of the 
triggers for juvenile delinquency. Islamic Religious Education Teachers 
hold more responsibility for the character of adolescents. Islamic 
Religious Education teachers are needed who are able to educate 
teenagers to become people who are devout and have good character. 
Efforts must be made in collaboration with parents and teachers of other 
subjects.


Saat ini kehidupan remaja tidak terlepas dari media sosial. Kontenkonten media sosial hadir, memberi dampak positif dan negatif pada 
karakter remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak 
positif dan negatif penggunaan media sosial terhadap remaja serta peran 
guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak negatif yang 
ditimbulkan. Metode sistematic literature review digunakan dalam 
penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial menjadi 
salah satu pemicu terjadinya kenakalan remaja. Guru Pendidikan Agama 
Islam memegang tanggung jawab yang lebih terhadap karakter remaja. 
Diperlukan guru Pendidikan Agama Islam yang mampu mendidik para 
remaja agar menjadi manusia yang bertakwa dan berkarakter baik. 
Upaya yang dilakukan harus bekerja sama dengan orang tua dan guruguru mata pelajaran lain.

Article Details

Section
Articles

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul, 974-980.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja 3(1). Journal of Nursing Care, 3(1).

Dewi, S. E. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas X di SMA Pluas Al-Hasan Panti Jember.

Digital-2022-Indonesia-February-2022- v01_compressed.pdf. (n.d.).

Ferlitasari, R., Suhandi, & Rosana, E. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap

F. I., & Padang, U. N. (n.d.). Pengaruh media sosial terhadap sikap remaja. 1–15.

Ikawati, L. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Tindak Kejahatan Remaja. Syariati : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum, 4(02), 223-232. doi:https://doi.org/10.32699/syariat i.v4i02.1179

Ingriansari. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Efek Negatif Media Sosial di Kalangan Peserta Didik SMP Negeri 7 Parepare. 26.

Jannah, M., Fakultas, D., Universitas, P., Negeri, I., Aceh, B., & Jannah, M. (2016). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam Adolesence ’ S Task And Development In Islam. 1(April), 243–256.

Mujiono, M., & Bahruddin, A. H. B. A. H. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatan Kualitas

Akhlak Perspektif Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 293–303.

Munjiat, S. M. (2018). Peran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Usia Remaja . Al Tarbawi Al Haditsah, 170-190.

Nurhidayati, T., Purwanto, H., Atmojo, L. K., & Nasyikin, M. (2021). Karakteristik Jiwa Remaja Dan Penerapannya Menurut Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 09(02), 5–24.

Nurhidayati, T., Purwanto, H., Atmojo, L. K., & Nasyikin, M. (2022). Karakteristik Jiwa Remaja dan Penerapannya dalam Pendidikan Menurut Islam. As-Sunniyyah, 76- 93.

Oktavia, A., & Rahman, R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh. An-Nuha, 1(3), 220–233.

Perilaku Keagamaan Remaja. Sosio Religia, 1-18. Fronika, W., Pendidikan, J. A., Pendidikan

Pohan, H. (2021). Penerapan Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Pemanfaatan Smartphone Pada Masa Covid-19 Di Mi Plus Nur Rahma Kotahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/7 313/%0Ahttp://repository.iainbengkul u.ac.id/7313/1/LENGKAP.pdf

Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang

Menggunakan Teori Uses and Gratiications . Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 9008(21), 207-216. doi:https://doi.org/10.14203/j.baca. v40i2.476

Siahaan, C., Laia, A. P., & Adrian, D. (2022). Studi Literatur: Media Sosial “Tiktok” Dan Pembentukan Karakter Remaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 49394950.

Sosial, M., Sma, D. I., & Maligano, Solihin, F., Awaliyah, S., & Shofa, A. M. (2021). Pemanfaatn Twitter Sebagai Media Penyebaran Informasi Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 52-58.

Suryawan, I. G. (2016). Cegah Kenakalan Remaja Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Penjaminan Mutu, 64-70.

Syafi’i, M. (2022). Peranan Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami (Studi Kasus Siswa Mts. Al Huriyah Rejoso Pasuruan). Tarbawi: Jurnal Studi Pendidikan Islami, 10(1), 1-16.

Wahidin, O. U. (n.d.). Pendidikan Karakter Remaja Oleh: Unang Wahidin*.