Penguatan Perilaku Keberagamaan Berbasis Disiplin Ilmu melalui Mata Kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia

Main Article Content

Puput Rahmania
Syifa Fatihatul Mubarokah
Atikah Salma
Agus Fakhruddin

Abstract

Strengthening religious behavior should be strengthened through activities on campus. This strengthening can be done through religious co-curricular activities. This study focuses on strengthening religious behavior through the Islamic Religious Education Seminar (SPAI) program conducted at the Indonesian Education University. This study uses a qualitative method. Data were collected through document studies, interviews and observations. The results of this study indicate that there is a process of strengthening religious behavior through SPAI UPI co-curricular activities for students who are contracting SPAI courses. Strengthening students' religious behavior includes ideological, intellectual, experiential, ritualistic, and consequences or social dimensions. The process of strengthening religious behavior is carried out through coaching, habituation, repetition, appreciation and supervision activities.


ABSTRAK


Penguatan perilaku keberagamaan mestinya dapat dikuatkan melalui kegiatan yang ada di kampus. Penguatan tersebut diantaranya dapat dilakukan melaui kegiatan ko kurikuler keagamaan. Penelitian ini berfokus pada penguatan perilaku keagamaan melalui program Seminar Pendidikan Agama Islam (SPAI) yang dilakukan di Universitas Pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi proses penguatan perilaku keberagamaan melalui kegiatan kokulikuler SPAI UPI bagi mahasiswa yang sedang mengontrak matakuliah SPAI. Penguatan perilaku keberagamaan mahasiswa mencakup dimensi ideologis, intelektual, eksperensial, ritualistic, dan konsekuensi atau sosial. Proses prnguatan perilaku keberagamaan dilakukan dengan kegiatan pembinaan, pembiasaan, pengulangan, penghayatan dan pengawasan.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, T. (1989). Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Affandy, S. (2017). Atthulab, 200. Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab, 199. Aman, J. (2021). Religious

Affiliation, Daily Spirituals And Private Religious Factors Promote Marital Commitment Among Married Couples: Does Religiosity Help People Amid The Covid-19 Crisis? Frontiers In Psycholog. Aspuri. (2009).

Pengaruh Tradisi Haul KH. Abdurrahman Terhadap Keberagamaan Masyarakat Mranggen Demak. Skripsi, 27. Doni, F. R. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 16.

Effendi, Muhamad Ridwan. 2023. "Integrasi Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik dalam Penguatan Keberagamaan Mahasiswa." Muttaqien.

Farhani, Dea. 2019. "Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan." Jurnal Islamic Education Manajemen 4 (2): 210-220.

Faresi, G.M.F., Firdaus, E. dan Suresman, E. (2021) “Internalisasi Nilai Pendidikan Akhlak KH. Hasyim Asyari Melalui Film Sang Kyai terhadap Kader IPNU Kota Bandung,” in Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021. Purwakarta: Proseding upi.edu, hal. 135–144.

Hayati, U. 2017. "Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah dan Perilaku Sosial." Inject.

G orsuch, R. L. (2019). Toward Motivational Theories Of Intrinsic Religious Commitment. Routledge: 11-24.

Hidayat, A. (2019). Dakwah pada Masyarakat Pedesaan dalam Bingkai Psikologi dan Strategi Dakwah. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 186.

Jiwandono, Ilham Syahrul. 2020. "ANALISIS AKSI DEMONSTRASI MAHASISWA MENOLAK RUU KUHP DAN RUU KPK: ANTARA SIKAP KRITIS DAN NARSIS." Jurnal Asketik.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. i Jogiyanto, Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mokh. Iman Firmansyah, Encep Syarief Nurdin, Kama Abdul Hakam, Aceng Kosasih, Ahmad Hakam. 2023. "Strengthening the Moderate Character of Students' through the Co- curricular Islamic Education Tutorial Program at Public Universities." Jurnal Iqra.

Nasrudin, Ega. 2023. "Penguatan Karakter Religius Mahasiswa Melalui Program Tutorial Keagamaan." Waskita.

Nasrudin, Ega, and Agus Fakhruddin. 2023. "Penguatan Pendidikan Karakter Religius Mahasiswa Melalui Program Tutorial Keagamaan." WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter Vol.7 No.2 143-159.

Nurhaeni, Siti. 2022. "Penanaman akhlak mulia siswa melalaui kegiatan Kokurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI)." Tawazun.

Pratama, YA, and Laksmi Dewi. 2023. Pengembangan Kokurikuler: Menumbuhkan Potensi, Meraih Merdeka Belajar. Bandung: Indonesia Emas Group.

Rahayu, Rizqi. 2019. "Peran Guru PAI, Wali Kelas Dan Konselor BK Dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan Dan Dampaknya Terhadap Akhlak Siswa." Atthulab.

Rifqi, Ahsanur. 2024. "Literasi Digital dan Perilaku Keberagamaan Siswa Sekolah Dasar (Fenomena Perilaku Self-Harm di Media Sosial)." Jurnal Basic Edu.

Riskawati, D. (2019). Pengaruh Pola Keberagaman Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat Petani di Kelurahan Pajar Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Skripsi, 24

Sofillah, M. (2022). Perilaku Keberagamaan Pengikut Akun @Jilbaber_Masakini di Instagram. Undergraduate thesis IAIN Kudus, 8.

Surnia, Enda, and HA Hidayat. 2023. "Upaya Meningkatkan Minat Siswa terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Teater dengan Menerapkan Metode Drill di SMAN 4 Tebo." Jurnal Ranah Research 162-173.

Syihabuddin. 2022. Masjid, Pendidikan, dan Peradaban. Bandung: CV. Jendela Hasanah.

Veriyanto, J. (2018). Peran Majelis Ta’lim Dalam Pembinaan Keberagamaan Ibu Rumah Tangga Di Desa Pekalongan Lampung Timur. IAIN Metro.

Wicaksono, M. J. (2021). Implementasi Keberagamaan Peserta Didik Dan Kaitannya Dengan Peningkatan Karakter. Asaatidzah,, 10.

Yuliani, W. 2018. "Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling." Quanta 2 (2): 83-91.